IMG-20231005-WA0004

Pintar Digital : Jelajah Dunia Belajar Bersama Teknologi

Tujuan:

  • Membekali siswa dengan keterampilan dasar teknologi informasi.
  • Meningkatkan minat baca dan belajar melalui media digital.
  • Membantu siswa memahami konsep pembelajaran yang abstrak melalui visualisasi digital.
  • Menumbuhkan sikap kritis dan kreatif dalam memanfaatkan teknologi.

Sasaran: Siswa kelas 1-6 materi disesuaikan jenjang kelas dan kemampuan siswa

Materi:

  1. Pengenalan Perangkat Komputer:
    • Mengenal bagian-bagian komputer (monitor, keyboard, mouse, dll.)
    • Cara menyalakan dan mematikan komputer
    • Pengenalan sistem operasi (Windows, macOS) secara sederhana
  2. Penggunaan Aplikasi Produktivitas:
    • Pengolah kata (Microsoft Word): mengetik, memformat teks, membuat dokumen sederhana
    • Presentasi (Microsoft PowerPoint): membuat slide presentasi sederhana
    • Lembar kerja (Microsoft Excel): membuat tabel sederhana
  3. Internet dan Pencarian Informasi:
    • Mengenal internet dan kegunaannya
    • Menggunakan mesin pencari (Google) untuk mencari informasi
    • Membedakan sumber informasi yang kredibel
  4. E-learning dan Aplikasi Edukasi:
    • Mengenal platform e-learning
    • Menggunakan aplikasi edukasi seperti Quizizz, Kahoot, atau Ruangguru
  5. Keamanan Berinternet:
    • Pentingnya menjaga privasi data
    • Bahaya konten negatif di internet
    • Etika berinternet

Metode Pembelajaran:

  • Pembelajaran langsung: Guru menjelaskan materi secara interaktif.
  • Praktik langsung: Siswa melakukan kegiatan praktik menggunakan komputer.
  • Diskusi kelompok: Siswa berdiskusi untuk memecahkan masalah atau mengerjakan tugas.
  • Game edukasi: Siswa belajar sambil bermain melalui game edukasi.
  • Proyek kecil: Siswa membuat proyek sederhana menggunakan komputer, misalnya membuat presentasi atau laporan.

Kegiatan:

  • Workshop: Mengundang narasumber ahli teknologi untuk memberikan workshop.
  • Kunjungan ke perpustakaan digital: Memperkenalkan siswa pada berbagai sumber belajar digital.
  • Lomba desain digital: Merangsang kreativitas siswa dalam membuat desain menggunakan perangkat lunak.
  • Pembuatan blog atau website kelas: Memfasilitasi siswa untuk berbagi pengetahuan dan karya.

Evaluasi:

Observasi: Memantau perkembangan keterampilan siswa dalam menggunakan teknologi.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *